Sabtu, 05 Januari 2008

Yosim Pancar (Yospan)

Hello Papua. Sudah tahu pastinya Tari yosim. Bagi teman-teman yang bukan berasal dari Papua, di sini akan dijelaskan apa itu Yosim Pancar.

Yosim pancar merupakan tarian khas dari Papua. " Yospan adalah salah satu tarian pergaulan yang berasal dari dua daerah, yakni Biak dan Yapen-Waropen. Awalnya, yospan terdiri dari tarian pergaulan yosim dan pancar, dua tarian berbeda yang akhirnya dipadu menjadi satu"(sumberKompas),
(http://www.infopapua.com/modules.php?op=modload&name=News&file=article&sid=4750)

Tarian ini juga biasanya dilombakan atau diisi dalam acara Agustus-an, acara adat, dll. Yospan juga disebut tari pergaulan. Oh iya, ada juga tari-tari lainnya, seperti Di daerah Sarmi dan sekitarnya hingga ke Jayapura, misalnya, ada tarian pergaulan yang disebut Lemon Nipis. Di kawasan pegunungan tengah Papua, seperti di daerah Wamena dan sekitarnya, ada pula yang disebut Sekise.

Label:

2 Komentar:

Pada Senin, 07 Januari 2008 pukul 08.25.00 MST , Anonymous Anonim mengatakan...

ini dia niy yang sa (aku) paling suka. Tari Yospan. Tingkatkan terus yah Tari tradisionalnya, Papua. Coba sekali-kali bawa nama harum Papua dengan tari ini dengan berlomba ke mana aja. Pertama sih lomba yang levelnya rendah dulu. Semangat yah buat Papua.

 
Pada Kamis, 10 Januari 2008 pukul 23.31.00 MST , Anonymous Anonim mengatakan...

Yospan...
keren banged'!!!
gaMbarin kebiasaan adat yang biasa dilakukan masyarakat Papua dalam kegiatannya...

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

ShoutMix
Subscribe to papuagroup_2008
Powered by groups.yahoo.com
Click here to join papuagroup_2008
Click to join papuagroup_2008