Sabtu, 05 Januari 2008

Matrikulasi Papua


Unpad (Universitas Padjadjaran) menjalin kerja sama dengan Papua dengan mengadakan jalur khusus di daerah-dareah. Seperti Tasik, banten, dan Papua khususnya. Papua sendiri sudah bekerja sama dengan Unpad sejak tahun 2002 dan menghasilkan "Matrikulasi Papua" angkatan pertama.

Matrikulasi ini adalah orang yang berhasil lulus tes Unpad. Biasanya yang diujikan adalah materi yang bersifat psikologi, matematika, bahasa indonesia dan bahasa Inggris. Tiap nomor diberi waktu sekitar 1 menit, jumlah soal kurang lebih ada 100 nomor.

Matriuklasi sendiri mempunyai arti khusus, yaitu proses pembelajaran sebelum masuk ke tingkat yang lebih tinggi, Universitas. Masa matrikulasi yang dijalani anak-anak Papua berbeda-beda. Angkatan 2002 menjalani matrikulasi selama 1 tahun. Semakin lama menurun masanya, angkatan 2005 ke bawah hanya sebulan saja menjalani masa ini. Walaupun sebentar, kami menjalaninya dengan sepenuhnya. "Hal ini membuat kami memahami bahwa tingkat kesulitan pelajaran akan lebih tinggi dibadingkan di SMA". "Apalagi kita berada di Papua, yang kurang dalam pelajaran," ungkap Janet Matrikulasi angkatan 4 (2005).

Label:

2 Komentar:

Pada Minggu, 06 Januari 2008 pukul 18.26.00 MST , Anonymous Anonim mengatakan...

ini emang udah dari pertama kali saya masuk di Unpad. Saya ikut kerja sama Papua. Tapi jangan salah, kalau kerja sama ini juga memberikan hasil kepada anak Papua. Ada yang berhasil dan juga ada yang tidak. Dari mereka mungkin tidak belajar saja atau tidak kuat karena berpisah dari Ortu. Saya harap semua anak Papua harus memberikan yang terbaik buat Papua sendiri. semangat untuk anak-anak Papua. Salam dari Tiwi Matrikulasi angkatan 2004.

 
Pada Kamis, 10 Januari 2008 pukul 23.26.00 MST , Anonymous Anonim mengatakan...

bagus, tulisannya. Tapi kok hanya satu foto saja, matrikulasi angkatan 2005 saja. Mana yang lainnya...

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

ShoutMix
Subscribe to papuagroup_2008
Powered by groups.yahoo.com
Click here to join papuagroup_2008
Click to join papuagroup_2008